Dinsos Membina Para PMKS Bisa Mandiri dan Hilangkan Stigma Negatif

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Beritadepok.com|Pemerintah Kota Depok berkewajiban memfasilitasi para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dengan pembinaan serta pendampingan. Melalui Dinas Sosial dan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kota Depok, para PMKS hasil penertiban Satpol PP selanjutnya diberikan pembinaan instensif.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Depok, Dodi Rustyandi mengatakan, pada hari Kamis  (28/3), bahwa setiap PMKS yang dibina adalah mereka yang terjaring oleh Satpol PP Kota Depok. Sebab, bukan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dinas Sosial untuk menjaring para PMKS.

“Kami mendata, kemudian memeriksa identitas para PMKS. Jika bukan warga Depok kami akan kembalikan ke kota asalnya. Jika PMKS adalah warga Depok, akan kami panggil keluarga dan kerabatnya untuk bersama-sama membina,” ujarnya.

Kemudian, jelas Dodi, setiap pembinaan yang diberikan berbeda satu sama lain. Tim dari Dinas Sosial serta LK3 menyiapkan cara-cara tertentu untuk membina para PMKS, agar dapat kembali lagi ke masyarakat secara mandiri.

Dirinya menambahkan, permasalahan sosial di masyarakat terjadi setiap waktu dan pihaknya terus berupaya merehabilitasi penyandang masalah sosial. Hal tersebut untuk  mengembalikan kepercayaan diri PMKS dan menghilangkan stigma negatif pada mereka.

“Untuk anak tentunya ada psikolog yang menangani, bahkan ketika sudah kembali ke keluarga akan terus dipantau. Sedangkan untuk yang lainnya, kami membekali dengan keterampilan, agar mereka bisa kembali lagi kepada masyarakat,” tutupnya.

Share.

About Author

Leave A Reply