Gembong Narkoba Internasional Dituntut 16 Tahun Penjara

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Beritadepok.com| Kota Kembang – Gembong Narkotika Internasional  M. Rendy Yuliana alias Jonathan Lie alias Ayung Batu (40)  sebagai terdakwa I dan terdakwa II Sung Bui Lim alias Tjap Bui Lim alias Ferry alias Alim alias Limpak Ad Sun Sun Kim (38), pada hari Selasa (31/7), di depan majelis sidang  Pengadilan Negeri Depok, dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU)  Sri Wiyanti dari Kejaksaan Negeri Depok, Jawa Barat, kedua terdakwa  dituntut pidana penjara selama 16 tahun dan denda sebesar satu milyar lima ratus juta rupiah atau subsider kurungan selama enam bulan penjara.

Menurut JPU,  secara kronologis berawalnya ada informasi dari masyarakat mengenai adanya peredaran narkotika dari Lapas Pemuda Tangerang yang dikendalikan Terdakwa II berupa komunikasi dengan Terdakwa I untuk melakukan transaksi penjualan shabu-shabu.

Melalui telepon WhatsApp pada tanggal (23/11/2017), Terdakwa II menghubungi Terdakwa I agar berangkat ke Pontianak menggunakan pesawat untuk mengambil dan dananya akan diganti bilamana shabu sudah berhasil dijual.

Selanjutnya, pada tanggal (25/11/2017)  Terdakwa I tiba di Pontianak kemudian diarahkan untuk berangkat  menggunakan travel. Sesampainya, Terdakwa II memberikan nomor WhatsApp orang yang akan menyerahkan shabu lalu terjadi komunikasi.

Hasil pembicaraannya, Terdakwa I disuruh mengambil bungkusan di tong bekas dekat Masjid. Sesudah diambil lalu Terdakwa I langsung menuju Singkawang, Malaysia.

Kemudian Terdakwa I pada tanggal (26/1/ 2017)  berangkat dari Singkawang menuju Pontianak lalu melanjutkan perjalanannya ke Surabaya dengan menggunakan kapal laut.

Setiba di Surabaya pada (27/11/2017)  kemudian melanjutkan perjalanan lagi menuju Jakarta dengan menggunakan kereta api dan tiba di Stasiun Jatinegara pada (28/11/ 2017) sekitar  pukul 03.00 wib.

Namun, gerak-geriknya sudah diketahui sehingga saat Terdakwa I keluar dari Stasiun Jatinegara langsung diikuti oleh Anggota Kepolisian yang menyamar. Saat tiba di gang rumahnya yang beralamat di Jalan Raya Cipayung di depan Gang Belimbing, Kota Depok, sekira pukul 04.15 wib, Terdakwa I lalu ditangkap.

Selanjutnya, dilakukan penggeledahan dan ditemukan satu kardus yang di dalamnya terdapat tujuh bungkus narkotika jenis shabu. Terdakwa I mengaku, shabu tersebut akan dibawa ke Hotel Banggawala di Kramat Jati untuk diserahkan kepada Saudara Cemong.

Atas perbuatan melawan hukum tersebut maka JPU menjerat kedua Gembong Narkoba tersebut  dengan  Pasal 114 Ayat (2) jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. Barang bukti narkotika golongan I shabu yang beratnya 2,5 kg atau 2.547 gram dirampas untuk dimusnahkan.

Share.

About Author

Leave A Reply