Masyarakat Bisa Ajukan Permintaan Fogging ke Puskesmas

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

beritadepok.com|Margonda – Upaya memberantas sarang nyamuk menggunakan fogging atau pengasapan tidak dapat dilakukan sembarangan. Pasalnya, dalam pelaksanaan fogging harus dilakukan pemeriksaan epidemiologi (PE) oleh petugas kesehatan setempat.

“Fogging untuk memberantas sarang nyamuk bisa dilakukan. Namun, harus melalui tahap pemeriksaan terlebih dahulu di lingkungan sekitar,” tutur Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiyati.

Dikatakan Umi, sapaan akrabnya, dalam melakukan fogging, Dinkes menggandeng puskesmas di seluruh Kota Depok. Masyarakat dapat mengajukan permintaan fogging ke Puskesmas setempat sebelum dilakukan pemeriksaan.

Lebih lanjut, ucapnya, pemeriksaan akan dilakukan apabila ada satu kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Selain itu, sambungnya, minimal terdapat tiga kasus yang terduga DBD, dan adanya pemeriksaan jentik positif dengan angka bebas jentik kurang dari 95 persen.

“Pengasapan akan dilakukan apabila di wilayah tersebut positif DBD dan banyak jentik nyamuknya,” jelasnya.

Umi berpesan kepada semua masyarakat di Kota Depok untuk melaporkan kepada petugas kesehatan setempat jika menemukan kasus DBD dilingkungannya. Dengan begitu, dapat segera ditangani agar tidak mewabah secara luas.

Share.

About Author

Leave A Reply