RKPD 2019 Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Beritadepok.com| Cisalak – Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, telah menyelesaikan laporan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2019. Dalam laporan yang dikirim secara daring (online) tersebut, secara umum prioritas pembangunan di tahun 2020 terbagi ke dalam lima program, baik fisik maupun non-fisik.

“Aspirasi pembangunan dari masyarakat, disesuaikan dengan kepentingan yang ada di lingkungan masing-masing. Mudah-mudahan tahun 2020, bisa maksimal baik saat penganggaran atau pun pemanfaatannya,” kata Lurah Cisalak, Wiyana, di Kantor Kelurahan Cisalak, Selasa (29/01/2019).

Wiyana merinci, dari lima program prioritas tersebut, ada tiga program yang sifatnya infrastruktur, sisanya non-infrastruktur. Namun, dirinya menegaskan, program yang diajukan ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok Tahun 2016-2021.

Tiga program fisik tersebut, adalah peningkatan jalan lingkungan (jaling) berupa pengaspalan di RW 02, RW 03, RW 04, RW 06. Sementara pekerjaan betonisasi di RW 01, RW 09, RW 11, RW 10, RW 12, dan RW 13. Sisanya, rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan pengendalian sistem drainase makro dan mikro terpadu berupa pembangunan drainase di RW 05, RW 07, dan RW 08.

“Sebetulnya ajuan infrastruktur ini tinggal penyempurnaan dari proses pembangunan tahun sebelumnya,” tambahnya.

Untuk perencanaan pembangunan non-fisik, Kelurahan Cisalak fokus pada aspek peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Yaitu peningkatan kelembangaan ketahanan keluarga, mulai dari program Kelurahan Layak Anak hingga Kota Ramah Lansia.

Adapun untuk pemberdayaan ekonomi lokal, sambung Wiyana, pihaknya berencana menyelenggarakan berbagai pelatihan. Seperti manajemen keuangan, pemasaran produk, dan pengembangan kemasan.

“Dengan upaya ini, mudah-mudahan produk-produk dari pelaku usaha baik sifatnya rumahan dan industri bisa lebih bagus dan diterima masyarakat,” katanya.

Share.

About Author

Leave A Reply