Tingkat Pengangguran Terbuka Tahun 2018 di Kota Depok

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok optimistis, angka pengangguran di Kota Depok bisa ditekan lebih kecil lagi. Merujuk data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Depok Tahun 2018 sebesar 6,64 persen atau jauh lebih rendah dari tahun sebelumnya yang berada di angka 7 persen.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Achmad Kafrawi, memandang harapan ini sebagai suatu yang logis. Bahkan, diakuinya TPT Kota Depok tahun 2015 saja masih di kisaran 7,48 persen.

“Apalagi, TPT Kota Depok juga lebih rendah dari TPT Provinsi Jawa Barat, yang pada tahun kemarin sebesar 8,17 persen. Tentu hal ini, sesuatu yang harus diapresiasi dan menjadi perhatian banyak pihak, khususnya Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok,” katanya kepada depok.go.id, Jumat (01/03/2019).

Melalui Forum Rencana Kerja (Renja), Disnaker Kota Depok diharapkan dapat memunculkan strategi dan upaya untuk mengentaskan isu pengangguran. Terlebih, isu ini juga masuk ke dalam enam isu strategis Pemkot Depok di tahun 2020.

Kafrawi menambahkan, upaya lain dalam menekan angka pengangguran adalah melakukan pelatihan berorientasi siap kerja. Selain itu, mengadakan bursa kerja yang diprioritaskan bagi warga Kota Depok.

“Disnaker melalui lembaga atau organisasi mitra (ormit) pemerintah juga harus bisa menjalin sinergisitas yang harmonis. Mudah-mudahan program yang dilaksanakan menjadi lebih tepat sasaran, karena bekerja dengan lembaga yang memiliki konsen yang sama,” ucapnya.

Share.

About Author

Leave A Reply