Berita Depok
Berita UtamaPendidikan

Musda FKPP Depok, KH. Abdurrahman: Bangun Sinergitas Kemandirian Ponpes

Musda FKPP Depok, KH. Abdurrahman: Bangun Sinergitas Kemandirian Ponpes

Beritadepok.com|Bojongsari, — Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Depok telah melangsungkan kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) 2024. Sedikitnya 80 peserta perwakilan dan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) se-Kota Depok menghadiri acara tersebut. Acara berjalan lancar dengan beragam materi seputar pengembangan Pesantren, sampai dengan laporan pertanggungjawaban kepengurusan dan pemilihan ketua.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan banyak dihadiri kiyai dan perwakilan Pesantren. Semoga ini adalah awal yang baik dalam upaya membangun sinergitas kemandirian antar Ponpes di Kota Depok agar semakin maju. Dalam Musda tersebut terpilih secara mufakat KH. Abdurrahman Pengasuh Pesantren Sirojussa’adah sebagai Ketua FKPP Kota Depok,”ujar mantan Ketua FKPP Kota Depok KH. Bahrudin yang juga Pengasuh Pesantren As-Salamah. Gedung Aula Amec, Bojongsari.

Ketua FKPP Kota Depok KH. Abdurrahman mengungkapkan bahwa saatnya mendudukkan marwah pesantren dengan meletakkan pilar dasar akhlak, disiplin, kemandirian yang harus ditanamkan pada para santri. Terlebih lagi, lanjutnya, terjalinnya sinergitas antar Pesantren di Kota Depok.

“Dari 132 Ponpes di Kota Depok diharapkan paham dengan FKPP. Terjalinnya sinergitas antar Pesantren dengan sistem maslahah. Yakni tiap Pesantren memiliki keunggulan masing-masing misalnya pendidikan, ekonomi, dan lainnya. Dari sini mereka bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk kemajuan di dunia Pesantren,”terangnya.

Dirinya mengungkapkan, Ponpes As-Salamah menjadi juara kedua di Jawa Barat dengan produk Pesantren berupa roti. Begitu juga dengan Pesantren Sirojussa’adah mendapatkan juara satu di Jawa Barat dengan produk Tempe Santri. Pihaknya siap mengajarkan Pesantren yang ingin belajar dalam proses pembuatan kerajinan tempe hingga pemasarannya.

“Dengan terjalinya sinergitas ini diharapkan semakin memperkuat kema ndirian. Jangan sampai, Pesantren setelah ditinggal pimpinannya yang peran sentral setelah itu malah mundur. Untuk itu, kita berharap bisa menumbuhkan kemandirian dan semakin berkembang,”jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut nampak hadir Ketua PCNU Kota Depok KH. Achmad Solechan, KH. Manarul HIdayat Pengasuh Ponpes Al-Mannar, KH. Abdul Mujib Pengasuh Ponpes As-Sa’adah, Perwakilan dari Kementerian Agama Kota Depok, dan lainnya.

Related posts

Family Day PT Goodyear Indonesia di The Jungle Land Sentul

redaksi

Prajurit TNI Netral dan Menjamin Stabilitas Pelaksanaan Pemilu 2019

redaksi

PKB Depok Siap Menangkan 8 Kursi DPRD

redaksi

Leave a Comment