Berita Depok
daerah

826 Nelayan Kepri Akan Mendapat Batuan Konvensi BBM-BBG

WARTADKI.COM|Kepri – Anggota Komisi 11 DPR RI Dapil Kepri Asman Abnur membagikan secara simbolis paket komperterkit Bahan Bakar Gas (BBG)  kepada para nelayan-nelayan.
Sasaran bantuan dari Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi, Pada Hari Minggu (25/10) bertempat di Intitut Teknologi Batam (ITEBA).
Program bantuan migas Propinsi Kepri,  yang dibagikan dari tanggal  11 hingga 18 Nopember 2020 yang akan datang, diutamakan yang  mendapat bantuan adalah para  nelayan-nelayan.

Anggota Komisi 11 DPR RI Dapil Kepri Asman Abnur.

Menurut  keterangan dari mantan Menteri PARB tersebut,  mengatakan konverterkit Gas ini merupakan bantuan cuma-Cuma,  peralatan ramah lingkungan serta aman digunakan serta menghemat biaya sampai 30 persen.
“Alat ini cukup ramah, hemat bahan bakar untuk melaut agar dapat gunakan sebaik-baiknya, harapannya agar pada tahun depan  kita dapat menarik dana lagi dari Pemerintah Pusat untuk nelayan di Kepri”, ujar Asman.
Sementara itu, Handayani dari Seksi Nelayan dan Diversifikasi Usaha Penangkapan  Dinas Perikanan Kota Batam, menjelaskan,  bahwa nelayan di Kota  Batam ada 74 kelompok usaha bersama(KUB), yang mana dalam satu kelompok ada 10 orang,  yang mendapat pembinaan atau pendampingan.
Anggota Komisi 11 DPR RI Dapil Kepri Asman Abnur (yang pertama dari Kanan)  membagikan secara simbolis paket komperterkit Bahan Bakar Gas (BBG)  kepada para nelayan-nelayan.

Menurut keterangan dari salah seorang anggota kelompok nelayan,  bahwa alat ini hemat bahan bakar dan aman digunakan.
Menurut Pejabat Pembuat Komitmen Konkrit Nelayan  Ditjen Migas Irene Yulianingsih,  menjelaskan “bahwa program bantuan migas untuk nelayan ini, sudah berlangsung sejak tahun 2016 dengan bantuan berbentuk barang bantuan konveterkit gas dengan syarat yang sama dengan dulu”, Ungkapnya.
Lebih lanjut dijelaskannya, untuk tahun ini ada 42 Kabupaten/Kota yang mendapat bantuan dengan jumlah 25 ribu untuk para nelayan.
Berdasarkan data yang  peroleh, diketahui bahawa besarnya jumlah nilai rata-rata yang didapat sejumlah Rp 8.800.000. Paket untuk nelayan kota Batam dan Kabupaten  Karimun mendapatkan Rp 7,27 juta.
Dengan rincian yang di dapat  berupa satu unit mesin kapal, dua  set koveterkit serta pemasanganya, dua unit tabung gas LPG ukuran 3 kg berserta isinnya,  satu  set AS Panjang dan balingnya.  (MOHD Effendi)

Related posts

Satpol PP Kota Batam Gencar Lakukan Razia Pengemis

redaksi

Michael Manufandu: Pembangunan Sangat Maju Di Papua

redaksi

Pdt. Metusalah P.A Mauri: Papua Adalah Miniatur Mini Indonesia Semua Suku Ada di Papua

redaksi

Leave a Comment