Berita Depok
Tak Berkategori

Disbudpar Undang Jurnalis Kunjungi Potensi Wisata di Kabupaten Bogor

Bogor – Sejumlah Jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik, berkesempatan mengunjungi beberapa tempat wisata bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor. Kali ini, melihat potensi wisata di Gunung Pancar, Kecamatan Babakan Madang dan tempat rekreasi Water Kingdom, Kecamatan Cileungsi.
“Tujuan kami adalah selain mengeksplore sejumlah objek wisata, juga mendapatkan masukan dan kritik yang konstruktif dari awak media yang turut serta,” kata Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Rahmat Surjana, Selasa (07/03).
Menurut Rahmat, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor mengalami peningkatan yang cukup signifikan di tahun 2016 yang lalu. Dengan ditargetkan sebanyak 6 juta pengunjung, sebanyak 8,7 juta wisatawan telah mengunjungi sejumlah tempat wisata yang tersebar di Kabupaten Bogor.
“Hanya saja, wisatawan sebanyak itu kebanyakan tidak tinggal lama di Bogor, kebanyakan dari mereka ada yang bermalam di Jakarta dan belanja di Bandung. Ini salah satunya yang harus dibenahi,” ujarnya.
Di kawasan wisata alam pemandian air panas dan camping ground Gunung Pancar, Kecamatan Babakan Madang, terdapat pemandangan alam yang sejuk dengan lebatnya pohon pinus dan batu besar sebagai kawasan tempat camping.
Bayu Anwar Permana humas PT Wana Wisata Indah, selaku pengelola kawasan wisata alam tersebut kepada awak media menuturkan, jika Camping Ground Batu Hijau merupakan tempat favorit bagi para pengunjung yang hendak camping. Dengan luas lahan sekitar 4 hektare, sekitar 500 pengunjung dari berbagai daerah datang setiap minggunya.
Fasilitas yang ditawarkan, terdapat Aula yang mampu menampung sebanyak 60 orang, 18 toilet, tenda pleton, tenda Dom. Selain Camping, Gunung Pancar juga menawarkan wahana lain seperti Tracking, Downhill, Gathering, Wedding, Outbound dan Supercamp.
“Harga yang kami tawarkan yaitu Rp 1,5 juta per malam untuk satu tenda pleton fill fasilitas, sedangkan untuk tenda Dom sebesar Rp 400 ribu. Sedangkan tarif permainan Rp 150 ribu per orang, sebanyak 60 game yang didapat,” tuturnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, karena setiap akhir pekan selalu padat, pengunjung yang akan melakukan camping di Gunung Pancar dapat melakukan boking terlebih dahulu.
“Boking nya harus jauh-jauh hari, dua atau tiga bulan sebelumnya. Kami menjamin keamanan dengan menempatkan petugas keamanan disetiap kelompok pengunjung,” pungkasnya.
Sementara itu, di area wahana permainan terbesar se-Asia yakni Water Kingdom Mekarsari Kecamatan Cileungsi, pengunjung dapat dimanjakan petualangan air dengan wahana berkelas dunia seperti Boomerang Slide, Racer Slide, Kiddy Pool dan lain sebagainya.
“Kami memiliki 12 wahana air, dengan favorit nya Wave Pool yakni wahana ombak serasa berada dilautan lepas. Tersedia juga untuk bermain air bagi anak-anak, balita maupun orang dewasa dengan aman dan nyaman,” kata Widi Karyaningsih, Manager Promosi Water Kingdom Mekarsari.
Paket yang ditawarkan, imbuh Widi, adalah one stop destination, yaitu paket wisata ke taman buah Mekarsari sekaligus berwisata air di Water Kingdom serta wisata kuliner di Rumah Air Restoran yang terletak dalam satu kawasan. “Kami menawarkan konsep one stop destinasi wisata, dengan salah satunya restoran berkonsep keluarga,” imbuhnya.
Sedangkan tarif tiket masuk yang dikenakan, jelas Widi, yakni Rp 95 ribu saat hari libur dan Rp 70 ribu dihari biasa. “Kalau longsor weekend Rp 120 ribu per orang. Sedangkan bagi penyayang disabilitas kami berikan diskon sampai 50 persen. Kami juga bekerja sama dengan warga sekitar dalam pemasaran produk UMKM,” tukasnya. (wawan suherman)

Related posts

Tempat Hiburan di Kota Depok Tidak Boleh Buka Selama Bulan Ramadhan

redaksi

Walikota Bogor Resmikan Kantor Kecamatan Bogor Barat

redaksi

Sosialisasi Empat Pilar, Agar CPNS Tidak Disusupi Paham Radikal

redaksi

Leave a Comment