Berita Depok
Tak Berkategori

Ngopi Bareng Sekber Wujud Tanggungjawab Moral Kaum Inteligensia

Wartadki.com|Depok – Tanggungjawab Moral Kaum Inteligensia seperti yang diungkapkan  Mohmmad Hatta pada pidato yang diucapkan pada hari Alumni I Universitas Indonesia  pada 11 Juni 1957, “ bahwa kaum inteligensia Indonesia mempunyai tanggungjawab moral terhadap perkembangan masyarakat. Apakah ia ada duduk di dalam pimpinan Negara dan masyarakat atau tidak, ia tidak akan terlepas dari tanggungjawab itu. Sekalipun berdiri di luar pimpinan, sebagai rakyat-demokrat ia harus menegor dan menentang perbuatan salah, dengan menunjukkan perbaikan  menurut keyakinanya. Cara demikianlah ia menyatakan rasa tangungjawabnya sebagai manusia susila dan demokratis. Berdiam diri melihat kesalahan dan keruntuhan masyarakat atau negara berarti mengkhianati kepada dasar kemanusiaan , yang seharusnya menjadi pedoman hidup bagi kaum inteligensia umumnya. (seperti yang dikutip dari buku Cendekiawan dan Politik, terbitan LP3ES ,1983)
Ungkapan pendiri bangsa tersebut masih sangat relevan mengingat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang berada di Tahun Politik menghadapi Pemilu 2019. Peran Kaum Inteligensia sangat penting ditengah gonjang ganjing politik indentitas yang kian mengental berdampak pada polarisasi masyarakat, bisa merusak sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Diperlukan langkah-langkah nyata agar konflik vertikal dan horizontal tidak terjadi.
Wartawan sebagai Kaum Inteligensia memiliki Tanggungjawab Moral agar bisa meredam  konflik ditengah masyarakat. Sekber sebagai wadah wartawan, dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) pada bulan April 2019 mendatang, akan mengadakan NGOPI (Ngobrol Penuh Inspirasi) BARENG SEKBER Wartawan Kota Depok.
Melalui tema Pemilu Damai, Bersih, Bermartabat Tanpa Ekses dengan sub tema, Pers Tanpa Hoax ini nantinya akan mengundang narasumber dari berbagai lembaga pemerintahan Kota Depok.
Menurut Ketua Presedium Sekber Wartawan Kota Depok, Herry Budiman tujuan Ngobrol Penuh Inspirasi (Ngopi), ini sebagai komitmen Sekber Wartawan Kota Depok dalam mendukung program Pemerintah dalam menciptakan Pemilu 2019 Damai, Bersih, Bermartabat Tanpa Ekses sebagai sosial kontrol menciptakan Pers tanpa berita Hoax, tentunya sesuai tupoksinya sebagai sosial kontrol”, kata Herry pada tanggal (5/12) di kantor Sekber.
Rencanya perhelatan ini akan digelar setiap hari Jumat, bulan Desember 2018 dan Januari 2019  bertempat di Kantor Sekber Wartawan Kota Depok, Gedung Depok Centre (GDC) Ruko Arcade Blok A No 10 Jl. Boulevard, Depok, Jawa Barat.
Sementra Johannes Hutapea selaku Sekretaris Sekber Wartawan Kota Depok menambahkan, dilakukannya Ngopi bareng dikemas secara sederhana, tidak terlalu formal, sesuai judul nya saja, Ngopi Bareng antara Sekber dengan para pejabat di Pemkot Kota Depok.
“Ngopi bareng nanti dibuat secara sederhana saja, sesuai judulnya, seperti ngobrol-ngobrol biasa saja, dengan menuangkan inspirasi-inspirasi positif untuk kemajuan kota Depok kedepannya,” kata Johannes Hutapea yang akrab dipanggil Jhon.

Related posts

Penjual Miras Tanpa Cukai Dihukum 2 Tahun Penjara

redaksi

Program CSR PT Pelabuhan Tanjung Priok Raih Silver Winner

redaksi

Mudik Gratis Bersama IPC Group Diminati Warga Sekitar Pelabuhan Tanjung Priok

redaksi

Leave a Comment