Berita Depok
Berita UtamaKomunitas

Warga RW 14 Beji Memperingati Tahun Baru Islam

Sambut Bulan Muharram RW 14 Beji Dari Pawai Obor Sampai Ajakan Kebaikan

Beritadepok.com|Beji, — Dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Islam bertepatan 1 Muharram 1446 H masyarakat memperingati dengan meriah. Seperti pada RW 14 Beji menyelenggarakan kegiatan pawai obor yang diikuti kurang lebih seribu orang. Dengan penuh suka cita menempuh jarak kurang lebih 3 KM dengan diramaikan marawis, hadroh, rebana dan lainnya.

Ketua RW 14 Beji Asmad, S.Ag mengatakan kegiatan ini bagian dari menyemarakkan Tahun Baru Islam. Menurutnya, pawai obor ini diikuti oleh gabungan dari 10 RT di wilayah RW 14 Beji. Ia menambahkan, sebanyak lima kafilah (gabungan dari 1 Masjid, 1 Mushola dan 3 Majelis Taklim) ikut meramaikan pawai.

“Ini adalah periode pertama kita yang menyelenggarakan pawai obor secara gabungan atau dikoordinir oleh RW. Sebelumnya, kegiatan pawai dilakukan per RT masing-masing,”ujarnya ditemani H. Mohamad Djamil dan Ust. Surya seusai acara. Jl. Rawa Maya 1, Beji.

RW Asmad biasa disapa mengungkapkan, pawai tersebut merupakan usulan dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama agar dilakukan secara bersamaan. Dengan harapan, lanjutnya, bisa mempererat ukhuwah Islamiyah atau tali persaudaraan antar warga. Rute yang ditempuh mulai dari Jl. Rawa Maya 1 atau depan rumah pak RW 14 menuju ke Jl. Kembang Beji, Jl. Arif Rahman Hakim, Ridwan Rais, H. Buni atau kurang lebih 3 Km.

“Semoga dengan kegiatan ini kebersamaan antar warga semakin terjaga, menjaga kondusifitas, tali silaturahmi semakin terjaga. Tentu, ada kegiatan di bulan Muharram di tempat masing-masing, seperti santunan anak yatim, pengajian dll,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DKM Mushola An-Nur H. Mohamad Djamil. Menurutnya, memeriahkan 1 Muharram memiliki banyak nilai positif di dalamnya. Diantaranya, pada bulan Muharram salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Selain itu, di dalamnya memiliki banyak Fadhilah atau keutamaannya.

“Dengan menyemarakkan 1 Muharram ini juga sebagai salah satu momentum syiar Islam dan penyelamat generasi muda. Jadi, mengenalkan mereka agar tahu yang namanya tahun baru juga ada di awal Muharram. Harapannya, agar hijrah dari maksiat ke taat, malas jadi semangat dan sebagai upaya membangkitkan semangat,”harapnya.

Hal senada diutarakan oleh Ust. Surya yang menyebutkan Tahun baru Islam atau 1 Muharram sebagai momentum muhasabah. Momentum mengintrospeksi diri untuk bisa hijrah dan memperbaiki diri.

“Semangat 1 Muharram ini kita berharap bisa menjadi lebih baik. Meninggalkan hal yang buruk atau negatif menjadi lebih baik, meninggalkan maksiat menjadi taat. Semoga di bulan Muharram mendapatkan keberkahan dan mendapatkan kebaikan,” tandasnya.

Pawai obor yang diikuti dari anak-anak, remaja sampai orang tua dengan penuh suka cita mengikuti acara. Lantunan sholawat Nabi disenandungkan dimeriahkan dengan obor dan kembang api. Sebelumnya, pawai obor dibuka oleh Ketua RW 14 dengan didampingi para Ketua RT, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Hansip, dan lainnya. Acara berlangsung dengan lancar dan masyarakat antusias. Pada bulan Muharram akan banyak agenda kegiatan di masyarakat seperti santunan, pengajian dll.

Related posts

Michael Manufandu: Pembangunan Sangat Maju Di Papua

redaksi

Prodi Teknik Sipil UPER Merancang Perkuliahan Desain Bangunan Ideal Terhadap Bencana Alam

redaksi

Hardiono: Rumah Pahlawan Depok, Tole Iskandar Sebagai Situs Sejarah

redaksi

Leave a Comment